Langsung ke konten utama

ANEKA RAGAM KULINER KHAS KOTA JAMBI

Indonesia terkenal dengan banyaknya kota sehingga membuat aneka ragam kuliner yang tersedia. Seperti salah satunya Jambi, nama kota sekaligus ibu kota dari provinsi Jambi yang terletak di Pulau Sumatera. Jambi selain mempunyai potensi wisata yang beragam juga kaya akan pesona kuliner yang mampu memanjakan perut anda. Rasa kuliner Jambi yang khas dan lezat membuat orang-orang tidak akan pernah melupakannya. Nah, apa saja makanan khas Jambi yang wajib dicoba? Berikut beberapa kuliner khas Jambi yang saya rekomendasikan : 

1. Gulai Tepek Ikan


Gulai Tepek Ikan merupakan salah satu makanan khas Jambi yang terkenal akan kelezatannya. Tepek ikan merupakan sajian yang diolah dengan bumbu gulai sedangkan tepek ikannya sendiri dibuat mirip dengan pempek. Ikan yang dipakai untuk membuat gulai tepek ikan adalah jenis ikan tengiri atau ikan gabus. Ikan tenggiri atau gabus diadon bersama tepung sagu dan bawang putih, kemudian dibentuk seperti pempek lenjer dan dimasak hingga matang. Adonan ini lalu dicampurkan ke dalam kuah santan gulai yang gurih asam. Gulai tepek ikan mempunyai cita rasa segar karena ada irisan nanas di dalamnya yang memberi rasa asam. Gulai tepek ikan bisa dijumpai saat momen-momen tertentu seperti pernikahan, kenduri, atau acara adat di Jambi.

2. Tempoyak


Tempoyak merupakan makanan khas Jambi yang bias dibilang sebagai makanan populer nya Kota Jambi, karena namanya sudah dikenal oleh seantero masyarakat Kota Jambi. Tempoyak diolah dari fermentasi buah durian yang kemudian di masak layaknya gulai. Tempoyak ini biasanya dikonsumsi bersama dengan nasi putih. Tempoyak merupakan makanan sehari-hari penduduk Terengganu. Sebuah suku asli bangsa Melayu. Dari Raja hingga rakyat jelata sangat gemar memakan olahan fermentasi durian ini. tempoyak merupakan salah satu jenis kuliner khas Jambi yang cocok juga dijadikan oleh oleh dan biasanya tempoyak juga sangat nikmat jika dimasak bersama ikan patin yang juga banyak ditemui di Kota Jambi.

3. Nasi Gemuk


Kalau pulau Jawa memiliki Nasi Uduk, maka Pulau Sumatra memilih Nasi Gemuk sebagai tandingan Nasi Uduk. Karena memang tampilan nasi gemuk dan nasi uduk memang benar-benar mirip. Biasanya nasi gemuk disantap pada saat sarapan. Nasi gemuk dibuat dari bahan beras, santan, daun salam, daun pandan, dan daun jeruk. Nasi gemuk ini juga dikenal di Malaysia dan Singapura, hanya saja sebutannya adalah nasi lemak. Seporsi nasi gemuk biasanya dijual dengan harga 4 ribu sampai dengan 6 ribu rupiah saja. Sangat murah.

4. Mie Celor


Ada satu masakan yang mudah ditemui di jalan-jalan kota Jambi, yaitu Mie Celor. Mie Celor di Jambi merupakan hidangan umum yang bisa didapat dengan mudah. Mie celor sajian kuliner khas Jambi yang terbuat dari adonan tepung terigu dan diolah bersama dengan sayuran, contohnya tauge dan daun sop. Satu yang khas dari mie celor adalah aroma rempah dari kuahnya yang sangat kuat. Mie celor selain terkenal di Bengkulu, juga dikenal di daerah Palembang dan Padang. Hanya saja mie celor khas Jambi kuahnya tidak terlalu kental layaknya mie celor Palembang atau mie celor Padang.

5. Jus Pinang


Buah pinang sangat digemari karena terkenal dengan berbagai manfaatnya. Tidak hanya sebagai pengobat, jus pinang juga berperan aktif untuk menjaga stamina seseorang. Tak heran memang karena memang dulunya buah pinang kerap dimanfaatkan sebagai makanan tentara yang tengah berperang. Mereka mengkonsumsinya untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan juga semangat. Manfaat jus pinang ini akan sangat kentara jika dikonsumsi secara wajar, rutin, dan tidak berlebihan. Jus buah pinang ini biasanya dicampur dengan telur ayam atau bebek.



Bagi kalian yang mempunyai rekomendasi kuliner di sekitar tempat wisata Jambi dan belum terekspose, boleh loh ditulis di kolom komentar agar semakin lengkap referensinya. Selamat mencicipi kuliner khas Jambi!




Penulis: Putri Sekararum (1101160015) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan dan Minuman Khas Banten

Makanan dan Minuman Khas Banten  -mengulik makanan dan minuman khas banten yang sering diminati masyarakat. Indonesia terkenal dengan makanan dan minuman khasnya yang memiliki citra rasa yang tinggi dan unik. Tidak hanya tempat wisatanya yang luar biasa, Indonesia juga memiliki beragam kuliner yang khas. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, Seperti daerah Banten yang memiliki ragam sajian kuliner. Dibawah ini akan kami sajikan daftar makan dan minuman khas Banten yang dapat membangkitkan selera.  Garang Asem Pastinya Garang Asem bukanlah hal yang asing bagi pecinta kuliner Indonesia. Makanan kebangganggan khas Banten ini mudah ditemukan dimana-mana. Kukusan ayam yang kaya dengan bumbu dan dipadu dengan rasa pedas manis ini begitu mengundang selera. Sulit untuk menolak kehadirannya, apa lagi ketika bersanding dengan nasi hangat. Saat cuaca sedang terik kalian bisa membeli garang asem karna rasanya yang menyegarkan. Makanan ini bisa kalian temukan di rumah mak

Musik Khas Maluku

Maluku merupakan salah satu daerah bagian Timur Indonesia yang kaya akan khas keseniannya. Maka tak khayal bahwa alat musik Maluku selalu di gemari oleh wisatawan yang berkunjung ke Maluku. Maluku, memang memiliki beraneka ragam kesenian yang bisa ditemui ketika sedang berkunjung. Contohnya alat musik Maluku, yang masih sangat kental dalam penggunaannya. Alat musik ini sering di padukan dengan berbagai kesenian lainnya, seperti halnya tari tradisional Maluku yang masih menggunakan alat musik. Maluku merupakan kota Gong Perdamaian Dunia yang bisa dilihat dari Ambin City Center. Karena Maluku masih memiliki keunikan yang belum kita ketahui. Hal ini disebabkan dengan adanya tingkat keyakinan dan aturan adat yang masih sangat kuat. Sehingga daya tarik di daerah Maluku hanya akan diberitakan ketika wisatawan berkunjung di kota tersebut. Berikut ini adalah beberapa alat musik Maluku :  1. Arababu Arababu adalah alat musik Maluku yang digunakan dengan cara digesek. Alat musik Arababu ini

Mengenal Arsitektur Tradisional Daerah Kalimantan Barat

Kebudayaan merupakan hasil dari olah rasa, karsa, cipta dari manusia. sekelompok manusia yang disebut masyarakat menghasilkan kebudayaan tertentu yang menjadi salah satu ciri khas masyarakat tersebut. corak kebudayaan masyarakat pada suatu wilayah dipengaruhi oleh keragaman suku bangsanya. Semakin beragam suku bangsa semakin beragam pula kebudayaannya. oleh karena itu, bangsa indonesia yang terdiri atas beratus-ratus suku bangsa memiliki kebudayaan ini merupakan potensi yang harus diberdayakan sebagai salah satu pemersatuan bangsa.  Salah satu yag menunjukkan ciri khas sebuah daerah tertuang dari rumah tradisionalnya. Adapun suku melayu di kalimantan barat ditunjukkan dari bentuk istana Kadriah. Bangunan ini sampai sekarang masih terawat dengan baik. istana kadriah merupakan tempat tinggal bagi para sultan dan keluarganya. istana kadriah dibangun pada tahun 1771 M. Bangunan ini hampir semuanya terbuat dari bahan kayu. Rumah tradisional lainnya di kalimantan barat ada