Langsung ke konten utama

Makanan dan Minuman Khas Banten

Makanan dan Minuman Khas Banten -mengulik makanan dan minuman khas banten yang sering diminati masyarakat.

Indonesia terkenal dengan makanan dan minuman khasnya yang memiliki citra rasa yang tinggi dan unik. Tidak hanya tempat wisatanya yang luar biasa, Indonesia juga memiliki beragam kuliner yang khas. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, Seperti daerah Banten yang memiliki ragam sajian kuliner. Dibawah ini akan kami sajikan daftar makan dan minuman khas Banten yang dapat membangkitkan selera. 

Garang Asem

Hasil gambar untuk garang asem

Pastinya Garang Asem bukanlah hal yang asing bagi pecinta kuliner Indonesia. Makanan kebangganggan khas Banten ini mudah ditemukan dimana-mana. Kukusan ayam yang kaya dengan bumbu dan dipadu dengan rasa pedas manis ini begitu mengundang selera. Sulit untuk menolak kehadirannya, apa lagi ketika bersanding dengan nasi hangat. Saat cuaca sedang terik kalian bisa membeli garang asem karna rasanya yang menyegarkan. Makanan ini bisa kalian temukan di rumah makan yang ada di seluruh penjuru kota Tanggerang.

Gecom

Hasil gambar untuk gecom

Sesuai dengan namanya, Gecom merupakan makanan yang terdiri dari toge dan oncom. Makanan berbahan dasar toge yang dipadukan dengan oncom serta disirami kecap sebagai pemanis. Kecap yang dipakai pada penyajian Gecom merukan kecap khas dari Banten yang dikenal dengan merk Kecap SH yang memiliki rasa khas.

proses penggelolan Gecom terbilang unik. Gecom diolah menggunakan wajan datar dan serok untuk meracik mie dan toge. Proses pengolahan menggunakan wajan tadi diberi nama "proses menggoreng" meskipun sebenarnya merupakan proses merebus tanpa banyak air. Mungkin bagi kalian yang belum terbiasa mengkonsumsi makanan ini akan merasa agak aneh. Kamu akan merasakan sedikit asam dan kental. Bahan saus yang digunakan kebanyakan terbuat dari kedelai dan oncomnya terbuat dari bungkil tahu yang merupakan kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Makanan ini merupakan produk Fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang. Setelah kapang menghasilkan spora maka oncom dianggap matang.

Pindang Bandeng


Hasil gambar untuk pindang bandeng

Ikan Bandeng memang memiliki banyak duri namun ikan ini masih banyak disukai karena memiliki daging yang gurih dan lembut. Pindang bandeng diolah denan menggunakan bumbu yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabai, lengkuas, salam, jahe, dan kunyit. Pindang Bandeng sering dijadikan sebagai sajian saat perayaan tahun baru Imlek oleh warga Tionghoa di Tanggerang. Biasanya disajikan untuk jamuan keluarga besar atau tamu yang berkunjung ke rumah mereka. Para menantu juga mengirimkan pindang bandeng ke rumah mertua dan orang tua mereka di pagi hari sebagai bentuk perhatian. Semakin besar pindang bandeng yang mereka berikan, maka semakin besar bentuk perhatian yang mereka berikan.

Emping Menes

Hasil gambar untuk emping menes pandeglang

Di Pandeglang Banteng, banyak makanan khas yang bisa menjadi oleh-oleh saat kalian berkunjung atau berwisata ke sana, salah satunya Emping Menes. Emping Menes merupakan makanan tradisional olahan buah melinjo. Nama "emping menes" diambil dari emping yang berarti kerupuk dan menes merupakan salah satu nama kecamatan yang terkenal dengan pusat pembuatan emping. Emping Menes merupakan makanan ringan yang mudah di buat. Melinjo matang hanya di sangrai hingga bagian dalam matang. lalu melinjo sangraian ini ditumbuk hingga bagian kulit keras melinjo terkelupas. Melinjo matang ditumbuk kembali hingga pipih berbentuk kerupuk. Besaran emping sesuai selera bisa terdiri dari beberapa biji melinjo matang,tergantung besaran emping yang diinginkan.

Ketan Bintul

Hasil gambar untuk ketan bintul

Ketan Bintul merupakan makanan yang cukup banyak digemari oleh warga lokal maupun orang luar Banten. Makanan ini termasuk makan favorit sultan yang hanya muncul selama bulan Ramadan. Makanan dengan bahan dasar ketan yang disirami dengan kuah semur gading ini terus diminati oleh masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Selain lezat sudah pasti makanan pembuka ini mengenyangkan karena mengandung banyak karbohidrat yang mampu menambah tenaga untuk beraktifitas. Keunikan pada makanan ini yaitu di produksi setahun sekali atau pada bulan puasa saja. Adapun bahan dasar untuk membuat ketan bintul yaitu katan, daging sapi atau kerbau, santan dan bumbu pelengkap lainnya. 


Sirup Rosella

Hasil gambar untuk sirup rosella

Sejak jaman dahulu hingga sekarang, bunga rosella dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal itu yang membuat IKM Kabupaten Tanggerang Tengah memproduksi Sirup Rosella Fresh . Sirup ini sangat menyegarkan bila dicmpurkan dengan balok es kecil. Ciri Sirup Rosella ini yaitu tidak mengandung pemanis, pewarna, dan pengawet buatan berbahan kimia. Selain menyegarkan sirup ini juga dapat membantu mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan saluran ginjal, dan juga detox tubuh.

Es Sekemu

Hasil gambar untuk es sekemu

Es Sekemu merupakan minuman unik yang hanya bisa kalian jumpai di daerah Banten. Minuman ini begitu menyegarkan terlebih jika di minum ketika siang hari ketika matahari sedang terik. Minuman khas ini terdiri dari buah kelapa dan buah sawo. Namun sangat disayangkan, Es yang menyegarkan ini jarang sekali di jual, karena penjualnya bisa dihitung dengan jari.


Nah itu dia tadi beberapa ulasan tentang makanan kuliner khas Banten, jika kalian pecinta kuliner dan berwisata ke banten jangan lupa untuk mencicipi makanan yang diulas diatas ya. Sekian informasi tetang makanan dan minuman khas Banten dari doodiefood.blogspot.


writer : Maya Nur Annisa (1101160045)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musik Khas Maluku

Maluku merupakan salah satu daerah bagian Timur Indonesia yang kaya akan khas keseniannya. Maka tak khayal bahwa alat musik Maluku selalu di gemari oleh wisatawan yang berkunjung ke Maluku. Maluku, memang memiliki beraneka ragam kesenian yang bisa ditemui ketika sedang berkunjung. Contohnya alat musik Maluku, yang masih sangat kental dalam penggunaannya. Alat musik ini sering di padukan dengan berbagai kesenian lainnya, seperti halnya tari tradisional Maluku yang masih menggunakan alat musik. Maluku merupakan kota Gong Perdamaian Dunia yang bisa dilihat dari Ambin City Center. Karena Maluku masih memiliki keunikan yang belum kita ketahui. Hal ini disebabkan dengan adanya tingkat keyakinan dan aturan adat yang masih sangat kuat. Sehingga daya tarik di daerah Maluku hanya akan diberitakan ketika wisatawan berkunjung di kota tersebut. Berikut ini adalah beberapa alat musik Maluku :  1. Arababu Arababu adalah alat musik Maluku yang digunakan dengan cara digesek. Alat musik Arababu ini

Mengenal Arsitektur Tradisional Daerah Kalimantan Barat

Kebudayaan merupakan hasil dari olah rasa, karsa, cipta dari manusia. sekelompok manusia yang disebut masyarakat menghasilkan kebudayaan tertentu yang menjadi salah satu ciri khas masyarakat tersebut. corak kebudayaan masyarakat pada suatu wilayah dipengaruhi oleh keragaman suku bangsanya. Semakin beragam suku bangsa semakin beragam pula kebudayaannya. oleh karena itu, bangsa indonesia yang terdiri atas beratus-ratus suku bangsa memiliki kebudayaan ini merupakan potensi yang harus diberdayakan sebagai salah satu pemersatuan bangsa.  Salah satu yag menunjukkan ciri khas sebuah daerah tertuang dari rumah tradisionalnya. Adapun suku melayu di kalimantan barat ditunjukkan dari bentuk istana Kadriah. Bangunan ini sampai sekarang masih terawat dengan baik. istana kadriah merupakan tempat tinggal bagi para sultan dan keluarganya. istana kadriah dibangun pada tahun 1771 M. Bangunan ini hampir semuanya terbuat dari bahan kayu. Rumah tradisional lainnya di kalimantan barat ada